Warta Uncen

1053 Mahasiswa dan Dosen Pendamping Lapangan UNCEN Siap Melaksanakan KKN tahun 2024.

Bertempat di Auditorium Uncen Rabu, 17 Juli 2024, Universitas Cenderawasih melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan Pembekalan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024.  Teman KKN  “Sinergitas Universitas Cenderawasih dengan Masyarakat dalam Membangun Nilai Kepribadian, Kemandirian, Kewirausahaan dan Kepemimpinan”. Pembekalan bagi mahasiswa KKN dihadiri oleh Pembantu Rekor IV, Kepala LPPM, Para Dekan, Para Pembantu Dekan 1, Ketua Program Studi/Jurusan, Tim penyelenggara KKN dan Dosen Pendamping Lapangan.

Pembantu Rektor IV. Dr.  Basir Rohrohmana, S.H.,M.Hum  ketika membuka acara pembekalan  berpesan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN agar fokus menyimak penyampaian materi sehingga pelaksanaan KKN nanti dapat berlangsung dengan baik. KKN merupakan sarana bagi mahasiswa untuk dapat terjun langsung dan lebih dekat serta dapat mengabdi kepada masyarakat.

Materi umum tentang “KKN Uncen tahun 2024” disampaikan oleh Dr. Akhmad, M.Hum. Setelah itu materi tentang “Pemenfaatan Sumberdaya Alam Dan Pemberdayaan Masayarakat Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah” disampaikan oleh Dr. Arius A. Kambu, SE.M.Si. Materi ketiga bagi mahasiswa KKN adalah  “Eksistensi Masyarakat Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutn Dari Sudut Antropologi  Sosial” oleh Marlina Flasy S.Sos.,M.Hum., Ph.D.  Dan materi terakhir tentang “Sanitasi Lingkungan dan Upaya Peningkatan KESMAS” oleh Dr. Dolfinus Yufu Bouway, SKM.M.Kes. (Epid).

Lokasi  KKN Mahasiswa Uncen akan dilaksanakan di 36 kampung yang tersebar di Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Kepulauan Yapen (Fakultas MIPA Prodi Ilmu Perikanan dan Kelautan kelas Serui) dan Kabupaten Biak (Fakultas MIPA Prodi Ilmu Perikanan dan Kelautan – Kelas Biak). Untuk Kabupaten Sarmi terdapat 15 kampung yang terdapat di Distrik Sarmi Selatan 4 kampung, Distrik Sarmi Pantai Barat 7 kampung, Distrik Sarmi Timur 4 Kampung. Sementara di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom masih menunggu jawaban dari Pemda setempat.

Ketua Penyelenggara KKN UNCEN , Dr. Yusak Elisa Reba, S.H., M.H. melaporkan KKN tahun ini akan diikuti oleh 1053 Peserta dan Dosen Pendamping Lapangan. 1053 peserta ini terdiri dari Fakultas MIPA 121 Mahasiswa (52 Kelas Sarmi dan Biak, 69 Kelas Jayapura), Fakultas Hukum 287 Mahawiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 148 mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan 41 mahasiswa, Fakultas Teknik 108 mahasiswa, Fakultas Kesehatan Masyarakat 25 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 157 Mahasiswa serta Tim Penyelenggara 157 Orang.

Dr. Yusak Reba menjelaskan KKN Uncen tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli sampai tanggal 29 Agustus 2024. Penyerahan Mahasiswa KKN kepada Pemerintah Daerah Kab. Sarmi, Kab. Jayapura dan Kab. Keerom akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2024. Dan untuk Penyerahan Kembali Mahasiswa KKN oleh Pemerinta Daerah kepada Universitas Cenderawasih akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2024. Pelaksanaan KKN didesain dalam model MBKM sehingga akan berimplikasi pada Indikator Kinerja Utama (IKU) UNCEN. ***

(GS)

Loading