Warta Uncen

Mahasiswa Siap Mengikuti Pembekalan Kelas One Health dan Berkolaborasi Dalam Pengabdian Masyarakat di Bidang Kesehatan.

Jayapura, 25 Juli 2024 – One Health Collaboration Center Universitas Cenderawasih (OHCC UNCEN) menggelar kegiatan One Health Student Club (OHSC) Batch 5. OHSC merupakan kegiatan kolaborasi mahasiswa multidisiplin di sektor kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, wawasan, dan pemahaman mahasiswa tentang konsep One Health serta membentuk pola pikir mahasiswa untuk berpikir kritis dan logis dalam pencegahan dan pengendalian penyakit di Papua. Kegiatan OHSC Batch 5 ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek RI) dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui proyek One Health Workforce Next Generation di Indonesia tahun 2024.

Pembukaan Kegiatan OHSC Batch 5 series 1 dilaksanakan pada hari kamis, 25 Juli 2024 pukul 15.00 – 17.30 WIT di Aula Fakultas Kesehatan Universitas Cenderawasih. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) yang dihadiri oleh Dr. Enilda Martin – Direktur Kantor Kesehatan, USAID Indonesia, Prof. dr. Agus Suwandono, MPH., Dr. PH –  Koordinator Indonesia One Health University Network (INDOHUN), Dr. Dirk Y.P. Runtuboi, S.Pd., M.Kes. – Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Universitas Cenderawasih, dan Dr. Semuel Piter Irab, SKM., MPH. – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih.

47 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Cenderawasih akan berpartisipasi dalam kegiatan OHSC Batch 5, diantaranya : 26 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Uncen, 9 mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Uncen, 6 mahasiswa Fakultas Teknik Uncen, 4 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan 2 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

 

Materi pada kelas One Health series pertama yang bertemakan “Pengenalan One Health dan Manajemen Kepemimpinan” dipresentasikan oleh Dr. Dolfinus Yufu Bouway, SKM., M.Kes (Epid) Selaku Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih. Dengan adanya kelas One Health ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan menerapkan konsep One Health serta manajemen kepemimpinan saat berkolaborasi di dunia kerja. Untuk mengukur pemahaman peserta, dilakukan pretest di awal kegiatan dan post test di akhir kegiatan. Ada pun mini games bertema membangun menara untuk mengasah kreativitas, menerapkan kerja sama, serta melatih manajemen kepemimpinan peserta OHSC.

Akan ada kelas OHSC berikutnya di tahun 2024 ini yaitu OHSC series 2 dan 3 serta institutional visit dan student project di Kampung Maribu, distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

(NM/OHHSC TIM)

Loading