Warta Uncen

Langkah Strategis Kolaborasi Akademik, Tiga Universitas Di Jayapura Lakukan Kerjasama.

Jumat, 9 Agustus 2024. Universitas Cenderawasih, Universitas Ingratubun, dan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat Uncen. Penandatanganan ini sebagai bagian dari upaya memperkuat kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Uningrat Assoc, Prof. Dr. MH. Ingratubun, SE., SH., MM., MH.  Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama Uncen Dr. Basir Rohrohmana, SH., M.Hum dan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama , Isak H. A. Rumbarar, S.T., M.M.

Dalam sambutannya, Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Cenderawasih, Dr. Dirk Y.P. Runtuboi, S.Pd., M.Kes  menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah penting dalam memperkuat sinergi antar perguruan tinggi di Papua. “MoU dan PKS ini akan membuka peluang baru dalam pengembangan kurikulum, penelitian bersama, serta pertukaran mahasiswa dan dosen antar ketiga universitas”, ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas Ingratubun mengatakan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Papua dan dapat menjadi mentor bagi beberapa Program Studi yang akan melakukan studi banding di Uncen. “Kami berharap agar Uncen bersama dengan kami dapat meningkatkan kapasitas akademik dan memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan di papua” katanya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama USTJ , Isak H. A. Rumbarar, S.T., M.M ,menekankan pentingnya kerjasama dalam bidang penelitian dan inovasi teknologi. Dengan potensi sumber daya alam yang melimpah di Papua, kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Selain mempererat hubungan antar perguruan tinggi, penandatanganan MoU dan PKS ini juga mencakup berbagai bidang, termasuk pengembangan program studi, kolaborasi penelitian, pertukaran informasi, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Ketiga universitas sepakat untuk saling mendukung dan memanfaatkan keunggulan masing-masing guna mencapai tujuan bersama. ***

(Pity/Perchy)

Loading

Tags