Warta Uncen

Kelompok 32 Mahasiswa KKN Uncen Ajarkan Ecoprint Kepada Siswa SD di Keerom.

Kelompok 32 Mahasiswa KKN Universitas Cenderawasih di Distrik Skamto Kabupaten Keerom terus aktif menjalankan berbagai program mereka. Pada akhir pekan kemarin, Kelompok 32 melaksanakan kegiatan kreatif bersama siswa SDN Inpres 2 dan SD Negeri 3 Arso, Jumat-9 Agustus 2024.

Mahasiswa KKN hadir di kedua sekolah dasar itu untuk mengajarkan kreatifitas tentang EcoPrint. Ecoprint itu merupakan sebuah proses mencetak yang menggunakan bahan-bahan alami.

Apa itu Ecoprint ? Eco asal kata dari ekosistem (alam) dan Print yang artinya mencetak. Cetakan yang dihasilkan bisa dikatakan sebagai membatik. Batik ini dibuat dengan cara yang unik yaitu mencetak dengan bahan-bahan yang terdapat di alam sekitar sebagai pewarna di atas media kain. Bahan alami dari tanaman yang ada disekitar kita bisa dijadikan untuk buat pola motif.

Sebuah tanaman mulai dari daun, bunga, batang bahkan ranting merupakan bahan utama dalam proses ecoprint ini. Ecoprint hanya menggunakn bahan yang berifat alami berbeda dengan batik tulis atau cap yang pada tahap tertentu menggunakan bahan kimia.

Ketua Kelompok 32 Mahasiswa KKN Vicko B. Wayeni menjelaskan bahwa ide kreatif ini dating dari rekannya Anggy Alfatika Riyadi mahasiswa Jurusan Sistem Informasi. Anggy juga telah mempelajari ide kreatif ini dari informasi yang dilihatnya di internet, lalu didiskusikan dalam kelompok dan disetujui. Sehingga mulai dilakukan observasi lingkungan sekitar untuk mencari bahan-bahan alami yang akan digunakan. Tidak lupa juga untuk mengadakan Tas yang akan dijadikan media cetakan.

Vicko menambahkan bahwa untuk menyiapkan Tas sejumlah 72  buah, biayanya berasal dari iuran anggota kelompok. Bahan Tanaman juga berasal dari halaman sekolah dan lingkungan di sekitar yang telah disurvei. Pihak sekolah yang telah dihubungi  sebelumnya juga sangat welcome dan menyambut baik maksud kami mahasiswa KKN untuk melakukan kegiatan di sekolah itu, jelasnya.

Semua anggota Kelompok 32 kompak dalam melaksanakan kegiatan ini yang tersebar ddi setiap kelas, dari kelas 1 sampai kelas 6. Semua siswa juga terlihat antusias dan semangat untuk  mengikuti  kegiatan ini. Kepala Sekolah, Helena Kapisa, S.Pd yang menyaksikan berlangsungnya kegiatan sangat senang karena para siswa diberikan kegiatan yang bermanfaat. Apalagi terlihat keceriaan dari wajah semua siswa selama satu hari itu. ***

(Vicko / Yani)

Loading