Warta Uncen

FMIPA Uncen Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah, Finalis Akan Menuju UNES.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam rutin menggelar lomba karya tulis ilmiah bagi mahasiswa uncen.  Pada tahun ini diikuti oleh 50 peserta yang terbagi dalam 23 Tim. Para peserta merupakan mahasiwa penerima beasiswa KIP dari 9 Fakultas di Uncen.

Presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan pada hari Kamis, 12 September 2024, di Ruang Seminar Prodi Biologi FMIPA. Penilaian dilakukan oleh Tiga orang Dewan Juri, yaitu :

  1. Dr. Bill J. Pangayow, S.E., M.Si., Ak., C.A.
  2. Dr. Suharno, M.Si.
  3. Mina Blandina Ayomi, S.K.M., M.Kes.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Septinus Saa, S.Sos., M.Si. Ketua Panitia, Yuliana Ruth Yabansabra, S.Si., M.Si. para dosen dan mahasiswa yang hadir memebri dukungan kepada rekan-rekannya.

Dewan Juri  melakukan penilaian melalui tiga tahap: screening makalah, penetapan 10 finalis terbaik, dan presentasi finalis terbaik. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh enam tim peringkat terbaik.

Yuliana Ruth Yabansabra menyampaikan bahwa tindak lanjut dari kegiatan ini adalah melibatkan para peserta finalis peringkat 1 hingga 6 dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang akan dilaksanakan oleh Universitas Negeri Semarang (UNES).

Dr. Septinus Saa, dalam sambutan menutup lomba, menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk mendorong mahasiswa Universitas Cenderawasih agar aktif dalam kegiatan akademik. Ia menyarankan agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan dua kali, tetapi sebaiknya diadakan lebih sering, misalnya empat kali.

Dengan banyaknya lomba seperti ini bertujuan agar mahasiswa dapat terbiasa dan bersaing di tingkat nasional. Sebagai penanngung jawab bidang kemahasiswaan, Dr. Septinus juga mengusulkan pembentukan wadah seperti UKM Penalaran untuk mendukung kegiatan akademik serupa.

Berikut adalah nama-nama enam finalis terbaik karya tulis ilmiah:

  1. Juara I: Putri Violenta Siringoringo dan tim
  • Judul Karya Ilmiah: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Pola Bilangan (Ganjil, Genap, Persegi, Persegi Panjang) bagi Gen Alpha di Wilayah Pinggiran Kabupaten Jayapura (SMP N 1 Demta)
  1. Juara II: Rina Amalia Ramli dan tim
  • Judul Karya Ilmiah: Biskuit LOSA (Ikan Louhan dan Sagu) untuk Pencegahan Stunting pada Anak Usia Dini
  1. Juara III: Anne Rahayu Taruk Padang dan tim
  • Judul Karya Ilmiah: Sosis Ikan Louhan sebagai Sumber Gizi untuk Mencegah Stunting pada Anak-Anak Papua
  1. Juara Harapan I: Triyani Sarce Kaihena dan tim
  • Judul Karya Ilmiah: Pemanfaatan Augmented Reality Berbasis Android dalam Membantu Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (Toga)
  1. Juara Harapan II: Nia Dwi Ramadhani dan tim
  • Judul Karya Ilmiah: Inovasi Poster Edukasi Anti Stunting sebagai Upaya Generasi Emas Bebas Stunting
  1. Juara Harapan III: Yohana Yana Sinaga dan tim
  • Judul Karya Ilmiah: Pengembangan Sistem Transportasi Massal di Jayapura untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Dengan diselenggarakannya lomba ini, diharapkan para peserta dapat terus mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka dalam bidang akademik, serta dapat berkontribusi secara signifikan pada masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. ***

(PW)

Loading

Tags